Penyakit Hipertensi Paru

Penyakit Hipertensi Paru Penyebab dan Gejalanya – Penyakitdarahtinggi.com,- Penyakit hipertensi yang diakibatkan oleh adanya tekanan darah yang sangat tinggi┬á sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, penderitanya yang cukup tinggi mencapai 150 ribu orang pertahun, menjadikan penyakit ini sangat terkenal. Ada berbagai jenis dari hipertensi, salah satunya adalah penyakit hipertensi paru atau dalam dunia medis lebih dikenal dengan sebutan pulmonary hypertension. Penyakit ini kebanyakan diderita oleh orang dewasa yang mempunyai tekanan darah tinggi pada area sekitar paru.

Penyakit Hipertensi Paru Penyebab dan Gejalanya - Penyakitdarahtinggi.comPenyakit Hipertensi Paru Penyebab dan Gejalanya :

Tingkat kematian hipertensi paru merupakan yang paling tinggi diantara hipertensi lainnya. Jika pasien tidak berobat dalam jangka waktu dua tahun, maka pasien beresiko 50% akan mengalami kematian. Tingkat kematian akibat hipertensi paru ini melebihi bahaya dari pada kanker payudara dan kanker kolorektal. Oleh sebab itu jika anda mengalami gejala-gejala yang tidak biasa segeralah untuk melakukan pengobatan.

  • Penyebab Penyakit Hipertensi Paru

Faktor penyebab penyakit hipertensi paru adalah adanya penebalan saluran arteri pulmonal yang membawa darah dari jantung ke paru-paru. Adanya penebalan ini membuat pembuluh darah tadi mengalami penyempitan akhirnya, jantung sebelah kanan harus mengalami ekstra kerja dua kali lebih keras dari pada biasanya untuk memompa darah tersebut menuju ke paru-paru.

Tekanan darah yang terjadi berbeda dengan tekanan darah pada biasanya. Cara pengukurannyapun menggunakan alat yang berbeda tidak seperti alat biasa, hal ini disebabkan untuk bisa mendiagnosa agar lebih tepat. Setidaknya adala lima klasifikasi klinis dari faktor penyebab penyakit hipertensi paru yang bisa ditemui, diantaranya adalah penyakit paru bawaan, akibat penyakit jantung, akibat penggumpalan darah di pembuluh paru dan adanya penyakit dari jaringan ikat.

  • Gejala Penyakit Hipertensi Paru

Gejala yang mungkin timbul adalah kaki dan pergelannya akan mengalami pembengkakan. Bibir akan mengalami kebiruan. Semakin parah tekanan darah tinggi maka warna biru ini akan mengalir juga ke bagian kulit lainnya. Disamping itu tubuh juga akan mengalami kelelahan, dan kepala mengalami pusing yang tidak tertahankan bahkan bisa saja mengalami pingsan. Perut pasien juga akan mengalami ukuran perut yang buncit dan badan akan menjadi lemas. Jika anda mengalami gejala ini, tidak salah lagi anda mengalami hipertensi paru, sebaiknya segeralah untuk melakukan pengobatan, karena resiko kematian mendadak akibat penyakit ini sangat tinggi.

  • Cara mengatasi penyakit hipertensi paru.

Cara terbaik dalam mengobati penyakit ini adalah dengan mengubah prilaku hidup. Jangan biasakan kesehatan mental anda terganggu. Stress depresi dan merasa salalu was-was akan menyebabkan terjangkitnya penyakit ini. Makanan juga harus benar-benar dijaga, jangan sampai mengkonsumsi yang banyak mengandung kolesterol dan garam tinggi. Jika datang ke dokter anda akan disuguiobat generik untuk megatasi peredaran darah yang tidak lancar, diantara obat yang diberikannya adalah warfarin dan vasodilator. Kedua jenis obat ini sangat ampuh, namun juga memiliki efek samping yang berbahaya seperti akan merasa mual.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.