Penyakit Hipertensi Pada Lansia

Penyakit Hipertensi Pada Lansia dan Penyebabnya – Penyakitdarahtinggi.com,- Hipertensi yang terjadi pada lansia berbeda dengan yang terjadi pada usia lainnya. Ada masa dimana seseorang yang sudah lanjut usia mengalami hipertensi padahal tidak disebabkan apapun. Hal ini merupakan gejala biasa yang terjadi akibat kondisi tubuh sudah tidak lagi bisa meregenerasi sel dengan baik. Penyakit hipertensi pada lansia juga dikenal dengan istilah hipertensi esesnial yang merupakan perjalanan alami yang akan di lalui oleh mereka yang sudah lanjut usia.

Penyakit Hipertensi Pada Lansia dan Penyebabnya - Penyakitdarahtinggi.comPenyakit Hipertensi Pada Lansia

Panda kondisi ini, pasien memiliki pembuluh darah yang menyempit, sehingga tekanan darahnya menjadi meningkat. Kondisi ini diperparah dengan berat bada yang tinggi serta pola hidup yang buruk. Diantaranya adalah jarang berolahraga, rajin mengkonsumsi fastfood dan aneka makanan yang mengandung tingkat garam sangat tinggi. Makanan -makanan ini ketika sudah tua haruslah dihindari sebab akan membuat tensi darah menjadi naik tanpa ada sebab akibat.

Kurangnya konsumsi sayuran ketika masih muda menjadi faktor penyebab penyakit hipertensi pada lansia yang banyak terjadi. Meskipun pada lansia umum akan mengalami hipertensi, bukan berarti mereka tidak harus di obati. Pengobatan yang dilakukan adalah untuk membuat pasien tidak mengalami gejala yang menyakitkan serta resiko yang nanti akan timbul semakin parah. Jika tidak segera di obati biasanya pasien akan mengalami kerusakan organ lain seperti jantung, ginjal, paru-paru dan jantung.

Dehidrasi dan pengaruh hormon ikut memperparah tingkat tekanan darah pada usia ketika lansia. Jangan biarkan lansia mengalami kehausan, biasakan kemana-mana membawa air putih. kelelahan pada lansia juga akan mengakibatkan hipertensi, oleh sebab itu ketika lansia hendak berakktifitas kemana saja harus di dampingi oleh seseorang yang sehat agar jika terjadi gejala seperti pusing dan kelelahan ada orang yang menjaganya.  Lebih baik bagi lansia ketika hendak berpergian menggunakan kursi roda, ketika dalam kendaraan, AC yang di gunakan jangan terlalu dingin, sehingga nanti keluar dari mobil tidak terlalu kontras antara cuaca panas dan dinginnya.

Cara Mengatasi Penyakit hipertensi pada lansia. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menekan tekanan darah yang tinggi pada pasien, diantaranya adalah mengurangi makanan asin dan yang mengandung garam tinggi. Rasa asin adalah rasa yang paling disukai oleh lansia, Kurangi juga berat badan jangan sampai memiliki berat badan yang tidak sehat, disamping itu perbanyaklah lansia untuk mengkonsumsi sayuran.

Meskipun lansia tidak memiliki gigi untuk mengunya sayuran segar, namun sayuran penting untuk kesehatan tubuh, beberapa sayuran yang baik untuk Penyakit hipertensi pada lansia adalah bayam, seledri, dan buncis. Kandungan dalam kedua sayuran ini sangat baik bukan hanya saja untuk tekanan darah, tapi juga untuk saluran pencernaan dan kesehatan jantung. Lansia yang banyak mengkonsumsi sayuran bisa lebih sehat dua kali dari pada yang tidak pernah mengkonsumsi sayuran.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.