Penyakit Hipertensi Jantung

Penyakit Hipertensi Jantung dan Cara Mengatasinya РPenyakitdarahtinggi.com,- Hipertensi merupakan penyakit yang bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain yang sangat berbahaya, diantaranya adalah penyakit jantung. Kenyataannya, kematian yang diakibatkan oleh hipertensi sangatlah tinggi khususnya di indonesia. kematian yang diakibatkan oleh penyakit hipertensi jantung ini tidaklah langsung dengan tekanan darah yang tinggi, melainkan adanya komplikasi penyakit yang lebih kronis seperti yang menggangu kinerja organ jantung, hingga menyebabkan serangan jantung.

Penyakit Hipertensi Jantung dan Cara MengatasinyaPenyakit Hipertensi Jantung

Cara hipertensi merusak organ jantung adalah dengan membuatnya bekerja ekstra.  Ketika jantung di paksa untuk bekerja ekstra maka organ tersebut akan mengalami keruksakan yang sangat parah. Pada saat itu jantung tidak lagi bisa menyuplai darah ke seluruh tubuh, lebih fatalnya jantung bisa berhenti berdetak, akibatnya tubuh mengalami kematian. Perlu diketahui bahwa pembuluh darah letaknya berada di seluruh tubuh, hal ini akan membuat jantung menjadi cepat lelah jika tidak segera dilakukan pengobatan.

Sebanyak 60 sampai 80 persen penderita hipertensi mengalami gangguan jantung, mulai dari detak jantung yang tidak teratur hingga irama degupan jantung yang tinggi. Sehingga tekanan darah juga akan menjadi tinggi, hal inilah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi pecah. Jika pembuluh darah yang pecah berada di otak, sudah dipastikan bahwa pasien akan mengalami stroke. Dampak bahaya stroke diantaranya adalah tubuh mengalami kecacatan dan bahkan kelumpuhan.

Proses penyakit hipertensi jantung dimulai ketika jantung memompa darah keseluruh tubuh. pompa yang dilakukan memiliki tekanan yang berbeda, jika darah normal maka tekananyapun akan normal, namun jika pasien hipertensi, maka jantung akan memompa darah juga dengan tinggi dan keras. Akibatnya, jantung akan mengalami perlawanan tekanan darah ketika darah dari seluruh tubuh kembali lagi ke jantung. Proses pompa darah oleh jantung ini tidak jauh berbeda dengan mekanisme otot ketika mengangkat beban yang berat.

Pada saat jantung memompa darah dengan kuat diakibatkan adanya tekanan darah yang tinggi, maka lama kelamaan jantung akan menjadi kaku dan berakhir dengan pembengkakan. Jika terjadi pembengkakan maka pasien hanya tinggal menunggu waktu saja untuk mengalami kematian diakibatkan adanya serangan jantung. Oleh sebab itu kita harus mencegah penyakit hipertensi jantung sedini mungkin. Gejala yang timbul jika jantung bengkak adalah sesak nafas dan durasi menghela napas menjadi pendek.

Cara mengatasi penyakit hipertensi jantung diantaraya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan dan sayuran penurun darah tinggi. Diantara makanan tersebut adalah kentang, melon, alpukat, jeruk, dan kiwi. Sayuran yang bisa dijadikan sebagai obat hipertensi adalah bayam dan seledri. Kedua jenis sayuran ini mengandung banyak serat serta antioksidan yang tinggi. Serat yang baik akan membantu menghapus kolestrol yang menumpuk, serta antioksidan yang tinggi akan membuat sistem peredaran darah terbebas dari aneka racun yang biasanya menyumbat pembuluh darah.

Penyakit Hipertensi Jantung | admin | 4.5