Hubungan Kolesterol dan Darah Tinggi

Hubungan Kolesterol dan Darah Tinggi Yang Harus Anda Ketahui – Penyakitdarahtinggi.com,- Darah tinggi memang tidak dapat dipisahkan dari kolesterol. Hubungan kolesterol dan darah tinggi sudah menjadi sebab akibat seseorang mengalami penyakit hipertensi. Faktor penyebab utama darah tinggi adalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. meskipun hubungannya sangat erat, ada perbedaan yang paling mendasar dari kedua masalah ini. Perbedaan ini biasanya dijadikan oleh dokter sebagai referensi untuk mendiagnosis penyakit seseorang. Antara kolesterol dan darah tinggi dapat membuat penyakit komplikasi yang berbeda namun sama-sama berbahaya. Oleh sebab itu dokter harus jeli dalam mendiagnosis pasien.

Hubungan Kolesterol dan Darah Tinggi Yang Harus Anda Ketahui - Penyakitdarahtinggi.comHubungan Kolesterol dan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan gangguan yang terjadi pada dinding pembuluh darah, umumnya terjadi di luar peredaran darah, sedangkan Kolesterol gangguan yang menyerang bagian dalam pembuluh darah. Jika seseorang mengalami kedua masalah ini secara bersamaan maka akan meningkatkan resiko kematian. Hubungan kolesterol dan darah tinggi sama-sama mempengaruhi sistem peredaran darah, ujung-ujungnya berpusat ke daerah jantung dan otak. Adanya penumpukan kolesterol dapat memicu tekanan darah menjadi naik, jika tidak segera di obati, maka gejala lain seperti asam urat akan muncul.

Selain kesamaan dari komplikasi penyakitnya, faktor penyebabnya juga hampir sama. Kolesterol dan darah tinggi diakibatkan oleh makanan yang hampir sama, yaitu jika mengandung zat kolesterol tinggi. Misalnya daging merah seperti kambing, junk food, seafood dan aneka makanan cepat saji yang banyak memakai pengawet makanan. Disamping itu, minuman penyebab keduanya juga sama yaitu minuman beralkohol dan bersoda. Aneka makanan ini akan sangat berpengaruh besar jika pasien jarang berolahraga. Dengan tubuh yang kaku akan menyebabkan sistem peredaran darah menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya.

Hubungan kolesterol dan darah tinggi bisa dicegah agar tidak menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti serangan jantung dan stroke dengan berbagai cara. Diantaranya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi seperti mentimun, genjer dan buah alpukat. Makanan ini juga sangat berkhasiat dalam menurunkan kolesterol yang mengendap. Karena ada kandungan antikosidan yang dapat membantu tubuh menguraikan kolesterol sehingga tidak menumpuk di dalam sistem peredaran darah khususnya bagian yang dapat menghambat sistolik.

Gejala yang biasa timbul jika pasien mengalami hal diatas adalah kepala menjadi pusing, perut menjadi mual sehingga menyebabkan muntah. Muntah yang diakibatkan dari adanya hubungan kolesterol dan darah tinggi terkadang mengandung darah. Darah juga bisa ditemukan di dalam urine. Selain itu, jika pasien melakukan aktifitas kesehariannya, biasanya pasien akan mengalami hilangnya keseimbangan tubuh. lebih parahnya lagi pasien bisa pingsan setiap saat terutama jika pasien sudah memiliki hipertensi yang kronis. Sebelum pingsan biasanya pasien akan merasa pusing seolah-olah bumi berputar, disamping itu penglihatan juga jadi buram, jika pasien memejamkan matanya beberapa detik, niscaya pasien akan mengalami kehilangan kesadaran. Hilangnya kesadaran ini biasanya hanya berlangsung dalam hitungan jam.

Hubungan Kolesterol dan Darah Tinggi | admin | 4.5