Gejala Hipertensi Kronis

Gejala Hipertensi Kronis Yang Harus Diwaspadai – Penyakitdarahtinggi.com,- Hipertensi kronis adalah kondisi dimana tekanan darah pada arteri meningkat pesat secara abnormal. Keadaan ini membuat beberapa gejala yang dapat terlihat dengan jelas, sehingga pasien bisa melakukan pertolongan pertama dengan sigap. Gejala hipertensi kronis yang muncul juga biasanya dianggap sebagai hal biasa saja, padahal jika tidak segera di tangani pasien bisa berbaring di tempat tidur lebih dari empat minggu. Jika mengalami gejala yang tidak biasa pada tubuh anda, segeralah untuk memeriksa tekanan darah, jika tinggi maka sudah di pastikan anda mengalami hipertensi.

Gejala Hipertensi Kronis Yang Harus Diwaspadai - Penyakitdarahtinggi.comGejala Hipertensi Kronis dan Penyebabnya :

Faktor penyebab seseorang mengalami hipertensi kronis adalah terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, memiliki keluarga penderita hipertensi, penyakit ini meskipun tidak menular, namun bisa di turunkan oleh genetik. Mengetahui riwayat kesehatan keluarga itu sangat penting untuk menjaga agar terhindar dari penyakit mematikan. Jika pada saat mudah seseorang jarang melakukan olahraga, biasanya pada usia dewasa akan mengalami hipertensi kronis. Usia yang paling banyak terserang adalah diatas 65 tahun. Berikut adalah gejala hipertensi kronis :

  • Gejala hipertensi kronis yang paling utama adalah seseorang mengalami kepala pusing disertai dengan mimisan.

Mimisan ini terjadi akibat darah yang beredar dalam tubuh tidak dapat dikendalikan dengan baik, sehingga pasien akan mengeluarkan darahnya melalui hidung. Pasien penderita penyakit ini juga mengalami pendarahan dalam urin. Campuran darah dalam urine berasal dari sistem filterisasi yang erat kaitannya dengan ginjal. Seperti yang kita ketahui bahwa Salah satu penyakit komplikasi dari hipertensi adala penyakit gagal ginjal.

  • Pusing yang disertai dengan mimisan ini hanya terjadi pada hipertensi yang sudah kronis.

Pada saat kejadian ini pasien dikhawatirkan akan kehilangan banyak darah, sehingga membuatnya lemas dan dehidrasi. Cara mengatasinya adalah dengan memberik minuman isotonik dan air putih sebanyak mungkin sebagai pengganti cairan yang hilang.  Penglihatan pasien juga biasanya akan ikut terganggu.

  • Penglihatan pasien ketika mengalami gejala hipertensi kronis menjadi buram dan seperti rabun.

Pada saat ini jangan biarkan pasien menggisik kedua matanya, karena akan menyebabkan iritasi dan merusak retina. Solusinya adalah dengan memejamkan kemudian membuka kembali mata, jika masih, bisa dengan membasuh muka sehingga ada air yang masuk kedalam mata. Cara ini sangat ampuh, selain menghilangkan pusing, juga akan membuat pasien terasa segar kembali. Kondisi ini tidak akan lama hanya akan terjadi beberapa menit saja, setelah itu penglihatan akan kembali normal.

Cara mengatasi gejala hipertensi kronis adalah dengan meminum obat untuk menghentikan jantung berdetak dengan kencang, disertai dengan vitamin yang dapat menganti darah yang sudah keluar tadi. Jika tubuh kehilangan banyak darah, efek sampingnya  akan merasa lemas dan cepat lelah. Jika terus berjalan, pasien akan terancam pingsan ditengah jalan. Sebab penderita hipertensi kronis mudah mengalami hilangnya kesadaran.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.