Gejala Hipertensi Esensial

Gejala Hipertensi Esensial Yang Harus Diwaspadai – Penyakitdarahtinggi.com,- Apa itu hipertensi esensial? Hipertensi esensial adalah gangguan tekanan darah yang tidak diketahui penyebabnya. Seseorang hanya bisa mendiagnosa setelah melihat dari gejala penyakit hipertensi esensial yang muncul. Dalam dunia medis penyakit ini diduga berasal dari faktor genetik atau keturunan. Kebanyak orang yang menderita penyakit ini berusia remaja menginjak dewasa, yaitu sekitar 18 tahun. Dan jika pada saat anak-anak mengalami obesitas, hipertensi esensial akan mudah terserang sebagai bentuk dari komplikasi penyakit yang sudah dialaminya sejak lahir.

PasienĀ  yang memiliki sistem saraf simpatis dan keseimbangan vasodilatasi pembuluh darah cenderung akan sangat beresiko mengalami gejala hipertensi esensial. Pada kondisi saraf simpatis, denyut jantung mengalami peningkatan karena adanya efek vasokonstriksi pembuluh darah. Hanya sedikit saja orang yang mengalami penyakit ini, meskipun begitu, kita semua beresiko mengalaminya. Berikut ini gejala yang bisa kita cermati lebih lengkapnya.

Gejala Hipertensi Esensial Yang Harus Diwaspadai - Penyakitdarahtinggi.com,Berikut Adalah Gejala Hipertensi Esensial :

Gejala yang pertama adalah merasa pusing, dan tubuh langsung merasa lelah tidak seperti biasanya. Bagian kepala yang terasa pusing adalah bagian dahi dan belakang dekat otak. Biasanya untuk meringankan sakit ini adalah dengan menjambak-jambak rambut. Jika pasien menidurkannya maka akan berkeringat ketika nanti bangun, disamping itu, punggung juga akan terasa pegal. Ketika ini terjadi sebaiknya segeralah memperbanyak minum dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi semakin meningkat.

Pada saat malam, orang yang mengalami gejala hipertensi esensial akan mengalami peningkatan intensitas nokturia. Yaitu kencing di tengah malam hari ketika sedang tidur. Jika pada lansia, biasanya akan mengompol. Solusinya adalah tidur dengan menggunakan penghangat ruangan, jika usia sudah diatas 65 tahun dan beresiko ngompol tidak ada salahnya untuk memakai pampers. Pada saat tidur, pasien juga mengalami tinitus atau telinga berdenging seperti ada yang masuk kedalam telinga.

Selain gejala diatas, biasanya jika kondisi sudah buruk, pasien akan mengalami mual dan muntah. Beberapa pasien mengalami mimisan ketika sedang tidur. Kondisi ini sebenarnya dapat dikendalikan dengan mendapatkan perawatan yang intensif dari dokter. Jika anda enggan untuk pergi ke dokter, pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh, hindari mengkonsumsi makanan yang menyebabkan darah naik seperti daging merah yang berasal dari hewan berkaki empat dan jangan pernah sesekali mengkonsumsi minuman keras dan berkafein.

Cara mengobati gejala hipertensi esensial bisa dengan cara alami atau generik. Cara alami adalah dengan ramuan obat herbal seperti ekstrak jahe, parutan buah mengkudu dan seduhan dari kayu manis. Disamping itu perbanyaklah mengkonsumsi mentimun dan sayuran yang rendah kalori. Jika ingin membeli obat, pastikan yang di resepkan dokter. Biasanya dokter akan menanyakan kebiasaan anda terlebih dahulu, seperti makanan, kebiasaan, dan riwayat keluarga. Jawablah dengan jelas dan jujur. Sebab hal ini dapat membantu dokter dalam meningkatkan efektifitas resep yang akan diberikan kepada anda.

Gejala Hipertensi Esensial | admin | 4.5