Ciri-Ciri Darah Tinggi Pada Ibu Hamil Muda Dan Tua

Ketika sedang hamil tentu saja semua ibu harus menjaga kesehatan mereka, tidak terkecuali. Semua orang yang tengah hamil harus menjaga kesehatan sebaik mungkin supaya bayi yang ada di dalam rahim nanti bisa dengan sehat. Salah satu masalah kesehatan yang sering kali menyerang ibu hamil adalah tekanan darah tinggi atau yang sering kita sebut dengan hipertensi. Kali ini kami akan memberitahu anda mengenai ciri-ciri darah tinggi pada ibu hamil. Sebelumnya terlebih dahulu anda harus mengetahui mengenai penyebab hipertensi pada ibu hamil sehingga bunda bisa tahu penyebab pastinya dan bisa mencegah tekanan darah tinggi. Berikut ini adalah informasi lengkapnya :

Sakit kepala

Salah satu gejala yang sering dialami oleh ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi adalah sakit kepala. Sering pusing saat hamil 8 bulan bisa menjadi salah satu tanda jika bunda memang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal seperti ini bisa terjadi kepada bunda yang mengalami tekanan darah tinggi karena aliran darah tidak lancar sehingga membuat asupan darah ke otak tidak cukup dan membuat kita menjadi pusing. Bagi anda yang merasa sering sakit kepala maka bisa beristirahat sebentar karena jika dipaksakan melakukan aktifitas maka bisa-bisa bunda malah ambruk. Jika pusing maka bunda bisa tiduran sebentar.

Pandangan kabur

Ciri kedua yang biasa dialami orang yang mengalami tekanan darah tinggi adalah pandanganya yang menjadi kabur. Ibu hamil jika mengalami tekanan darah tinggi bisa mendapatkan penglihatan yang kabur, buram, dan juga mengalami sensitifitas pada cahaya. Penglihatan kabur pada ibu hamil ini disebabkan karena aliran darah tak normal yang menyebabkan saraf mata tidak mendapatkan asupan darah yang seharusnya sehingga bisa menyebabkan penglihatan menjadi memburuk. Jika mata mulai berkunang-kunang dan juga pandangan mulai kabur maka bunda bisa beristirahat sejenak.

Detak jantung yang tidak beraturan

Gejala ketiga yang akan ibu hamil rasakan jika mengalami tekanan darah tinggi adalah akan merasa detak jantungnya berdetak secara tidak teratur. Biasanya bunda akan merasa jantungnya berdegup-degup lebih kencang daripada biasanya dan merasa mudah lelah setelah beraktifitas. Jika bunda mengalami gejala ini disertai dengan rasa mudah lelah maka bunda bisa beristirahat sejenak dan bunda bisa curiga jika itu adalah salah satu gejala dari tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mual dan murah

Mual dan juga rasa ingin muntah bisa menjadi salah satu ciri-ciri bunda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika bunda mengalami mual dan muntah bersama gejala yang sudah kami sebutkan di atas itu artinya bunda mengalami tekanan darah tinggi. Namun jika bunda hanya mengalami mual dan muntah maka bunda bisa saja mengalami morning sickness, jika bunda mengalami morning sickness maka bunda harus tahu tentang cara mengatasi morning sickness sehingga morning sickness tidak sampai parah dan berlebihan.

Sesak napas

Ciri-ciri darah tinggi ibu hamil yang kelima adalah biasanya dalam beberapa kasus, beberapa ibu hamil mengalami gejala sesak napas. Hal ini bisa terjadi karena dalam paru-paru bunda terdapat cairan. Namun tidak semua ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi mengalami sesak napas. Jika bunda mengalami sesak napas maka segera berkonsultasi kepada dokter.

Kedinginan

Ciri keenam yang mungkin bunda alami ketika bunda mengalami tekanan darah tinggi adalah bunda akan dengan mudah merasa kedinginan beberapa waktu. Jika bunda mengalami beberapa ciri-ciri di atas kemudian merasakan kedinginan maka bunda wajib memeriksa tekanan darah tinggi karena bisa jadi bunda memang benar mengalami tekanan darah tinggi.

Kencing berbuih

Gejala selanjutnya yang bunda alami ketika tekanan darah tinggi adalah akan ada kelebihan protein dalam tubuh bunda. Lalu bagaimana kita tahu jika di dalam tubuh kita ada kelebihan proetein? Nah untuk mengetahui apakah tubuh kita kelebihan protein atau tidak maka kita bisa mengeceknya dari urin kita ya bunda. Jika urin kita berbuih maka itu tandanya ada kelebihan proetein di dalam tubuh kita. Sehingga bisa dikatakan jika kita mengalami tekanan darah tinggi. Oleh karena itu bunda harus benar-benar memperhatikan urin bunda untuk mengetahui ciri tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Selain, kencing yang berbuih atau kelebihan protein ini bisa menjadi tanda jika ada masalah pada ginjal.

Mimisan

Bunda wajib untuk mengetahui apa saja gejala dari tekanan darah tinggi sehingga bunda bisa mengambil antisipasi untuk mencegah atau mengatasinya bunda. Selain menjadi gampang lelah selama masa kehamilan, ketika bunda mengalami tekanan darah yang tinggi maka bunda akan mengalami mimisan juga. Jika bunda sudah mengalami mimisan maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter sehingga dokter akan memberikan obat yang aman untuk anda yang sedang hamil.

Cemas

Tidak hanya ciri-ciri yang ada dia atas ya bunda, jika bunda mengalami tekanan darah tinggi atau tensi darah melonjak maka biasanya bunda akan mengalami beberapa kecemasan. Seperti merasa cemas karena mengalami beberapa gejala di atas tadi dalam kondisi sedang hamil. Selain itu bunda juga biasanya akan menjadi mudah bingung ketika diajak berbicara orang lain. Jika bunda mengalami stress maka akan lebih berbahaya bagi si bayi

Mudah lelah

Jika bunda merasa mudah lelah padahal bunda tidak mengerjakan pekerjaan berat seharian itu maka bisa jadi bunda mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena salah satu ciri orang yang terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah mudah lelah. Terutama sekarang ini anda sedang mengandung. Tentu saja akan membuat bunda mengalami kelelahan karena juga perut yang semakin membesar. Bunda bisa beristirahat sebentar jika memang bunda merasakan lelah. Jangan memaksakan jika memang sudah tidak kuat lagi untuk bekerja.

Mengalami kenaikan berat badan atau pembengkakan

Ciri yang terakhir jika bunda mengalami tekanan darah tinggi selama masa kehamilan adalah bunda akan mengalami peningkatan berat badan atau mungkin akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Namun bunda harus perhatikan jika tidak semua bumil mengalami ciri ini ketika mengalami tekanan darah tinggi. Karena pada wanita yang normal pun terkadang ketika hamil dan sehat-sehat saja mereka juga akan mengalami peningkatan berat badan dan juga mengalami pembengkakan.

Nah itu dia bunda informasi penting dari kami mengenai ciri ciri darah tinggi pada ibu hamil. Bunda juga harus tahu mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil sehingga bunda selalu sehat. Dan jika semua gejala berlebihan atau terus menerus terjadi maka segera periksa ke dokter terdekat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.