Bahaya Darah Tinggi

Bahaya darah tinggi yang paling ditakuti adalah kematian. Darah tinggi sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tingganya tekanan terhadap dinding pembuluh darah. Seseorang yang mengalami darah tinggi tidak bisa hidup dengan tenang, mereka akan terus terkekang dengan segala jenis pantangan yang akan muncul, mulai dari jenis makanan dan minuman hingga beberapa aktifitas yang akan membuat darah menjadi tinggi. Kebanyakan bahaya yang diakibatkan oleh darah tinggi merupakan komplikasi yang memicu berbagai penyakit lain, diantaranya adalah:

Bahaya darah tinggi yang paling ditakuti adalah kematianBahaya Darah Tinggi dan Penyakit Yang Ditimbulkan

  • Stroke.

Tekanan darah yang tinggi dapat membuat pembuluh darah menjadi pecah. Pecahnya pembuluh darah ini diakibatkan arteri yang sudah tidak kuat menahan tekanan darah yang semakin detik semakin tinggi. Kondisi ini diperparah jika jantung ikut berdetak sangat cepat. Bahaya darah tinggi inilah yang paling banyak ditakutkan oleh orang banyak, mereka yang mengalaminya akan berakhir dengan cacat permanen. Banyak kasus akan mengalami lumpuh sebelah. Tanda orang yang mengalami stroke ada tubuhnya tidak normal, bagian bibir akan ke bawah sebelah.

Cara agar pasien darah tinggi tidak mengalami stroke adalah dengan sebisa mungkin menurunkan berat badan hingga dibawah 140/90 mmHG. Resiko usia yang paling rentan adalah mereka yang sudah lebih dari 40 tahun. Pada saat anda muda, biasakanlah untuk hidup dengan sehat, rajin berolahraga dan menjauhi segala makanan yang dapat memicu darah tinggi seperti kolesterol tinggi, mengandung garam tinggi dan aneka minuman yang mengandung alkohol. Kandngan dari makanan tadi jika tidak diatasi biasanya akan menumpuk dan dapat menyumbat pembuluh darah.

  • Bahaya darah tinggi yang kedua adalah retinopati hipertensi.

Retinopati artinya ada gangguan yang terjadi pada area mata yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi di area saraf mata. Seseorang yang mengalami darah tinggi kronis kemungkinan besar akan mengalami hal ini. Tandanya adalah mata mengalami penurunan penglihatan hingga mengalami kebutaan. Cepat atau lambatnya seseorang mengalami kebutaan tergantung dari seberapa parah seseorang mengalami sakit hipertensi. Saraf mata yang rusak juga akan sulit untuk disembuhkan sebab, biasanya sudah menjadi kaku dan beberapa arteri sudah pecah.

Cara untuk mengobati retinopati hipertensi adalah dengan mulai menurunkan tekanan darah tinggi yang muncul, setelah itu anda bisa dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang dapat mengembalikan kesehatan mata. Usahakan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, vitamin ini mampu untuk membantu pertumbuhan sel baru sehingga mata bisa kembali normal.

Cara lain untuk mencegah Bahaya darah tinggi adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan mentimun serta genjer sawah. Kedua makanan ini memiliki khasiat yang sudah banyak teruji dan dapat di buktikan oleh banyak orang. Khususnya mereka yang mengalami hipertensi. Disamping itu jaga juga kesehatan mental anda, jangan sampai mengalami stress dan depresi yang berat.

Bahaya Darah Tinggi | admin | 4.5