10 Gejala Hipertensi Pada Anak

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang bersifat kronis, dimana terjadinya tekanan darah pada dinding arteri atau pembuluh darah darah bersih. Kondisi ini bisa datang atau muncul begitu saja tanpa ada gejala dan pemicu yang jelas. Sehingga cara yang tepat untuk menentukan adanya pemicu yang jelas. Sehingga cara yang tepat untuk menentukan adanya hipertensi, dengan melakukan tensi atau pengukuran tensi atau pengukuran pada tekanan darah.

Hipertensi atau tekanan darah tidak hanya dialami oleh org dewasa saja, namun anak-anak atau bayi sekalipun dapat mengalami hipertensi walaupun usia mereka masih sangat kecil. Hipertensi pada anak memang sebuah kasus yang jarang sekali terjadi, namun kita sebagai org tua tetep harus waspada dengan munculnya gangguan hipertensi pada anak. Karena terjadinya hipertensi pada anak bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan termasuk kematian.

Gangguan hipertensi pada anak tidak kita abaikan atau remehkan begitu saja, karena hal ini sangat mengganggu aktivitas anak. Lakukan pengecekan kesehatan pada anak ke rumah sakit atau dokter terdekat, guna mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan pada anak. Pengecekan kesehatan ini dapat dilakukan pada anak sejak ia berusia 3 tahun dan lakukan itu minimal satu kali setahun untuk memantau kondisi tubuh dan kesehatan anak.

Gejala Hipertensi Pada Anak

Pada umumnya gejala yang ditimbulkan hipertensi pada bayi, anak-anak dan remaja hampir sama. Untuk mengenal gejalanya lebih lanjut, berikut beberapa gejala hipertensi pada anak :

1. Sering sakit

Jika anak sering kepala dalam frekuensi yang sering, atau di waktu tertentu seperti bangun tidur, sebaiknya segera periksa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat, karena gejala yang umum terjadi pada penderita hipertensi adalah sakit kepala yang datang secara tiba-tiba dan sering.

2. Pembengkakan pada kaki dan tangan

Jika mendapati si kecil mengalami pembengkakan terutama pada bagian kaki dan tangan, dan pembengkakan itu tidak memiliki pemicu yang jelas, ada baiknya orangtua membawa anak untuk menemui dokter, karena ciri tersebut merupakan salah satu gejala hipertensi pada anak yang berefek pada pembuluh darahnya.

3. Penglihatan kabur atau berkunang-kunang

Pada umumnya penderita gangguan hipertensi akan mengalami pusing disertai penglihatan yang kabur atau berkunang-kunang. Gangguan ini membuat keseimbangan merasa seperti berkunang-kunang, maka segeralah bawa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Sakit perut berlebihan

Pada anak yang menderita hipertensi, biasanya juga akan mengeluhkan nyeri perut yang berlebihan. Jika orangtua anak mengeluhkan sakit perut berlebihan dan tanpa pemicu yang pasti, maka sebaiknya segera membawa anak pergi ke rumah sakit atau laboratorium untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

5. Muntah atau mual

Pada umumnya anak yang menderita hipertensi akan merasa mual yang berlebihan, mereka akan mudah muntah ketika merasa pusing dan matanya berkunang-kunang. Hal ini kerap terjadi pada penderita tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

6. Nafsu makan menurun

Nafsu makan anak menurun dengan alasan yang tidak wajar?? sebaiknya orangtua juga waspada dan melakukan konsultansi pada dokter atau ahli gizi agar orangtua mendapatkan jawaban penyebab dari berkurangnya nafsu makan pada anak.

7. Gelisah atau kurang kesadaran

Pada umumnya anak yang menderita hipertensi akan merasa gelisah, bahkan hilang kesadaran ketikda berada dalam situasi dan kondisi tertentu. Hal ini terjadi akibat tekanan darah pada anak cukup tinggi, sehingga dengan tingginya tekanan darah pada anak menyebabkan hilangnya kesadaran atau gelisah pada situasi tertentu.

8. Berat badan menurun

Berat badan anak turun tanpa adanya penyebab yang jelas?? alangkah baiknya jika orangtua melakukan medical check up untuk mengetahui lebih lanjut apa pemicu terjadinya penurunan berat badan pada anak.

9. Keringat berlebih atau keringat dingin

Pada umumnya penderita anemia atau hipertensi akan mengalami pusing berlebih disertai mata yang berkunang-kunang dan rasa mual, namun ada lagi gejala yang selalu muncul pada penderita anemia ataupun hipertensi yaitu keringat berlebih. Pada umumnya penderita gangguan tekanan darah baik tinggi ataupun rendah, akan merasakan keringat dingin. Keringat dingin adalah ciri dari adanya gangguan pada kesehatan tubuh manusia, ketika orangtua sering mendapati anak mengeluarkan keringat berlebih atau berkeringat dingin sebaiknya segera bawa anak menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

10. Mimisan

Bila anak seringkali mengalami mimisan tanpa penyebab yang jelas, hal ini juga perlu diwaspadai orang tua, terutama pada anak remaja. Mimisan juga merupakan satu indikasi anak mengalami tekanan darah tinggi atau rendah.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.